Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Komponen Elektronika di SMK Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i2y2024a54Keywords:
media pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, elektronika, pendidikan vokasi, inklusifAbstract
Berdasarkan observasi yang terfokus pada metode pembelajaran dan hasil belajar siswa di SMKN 1 Sidayu, pembelajaran yang dilakukan terkesan monoton sehingga situasi pembelajaran di dalam kelas menjadi membosankan. Kondisi tersebut akan mempengaruhi hasil belajar dikarenakan tingkat ketertarikan siswa terhadap pembelajaran relatif kurang sehingga siswa menjadi pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan inovasi agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu inovasi pembelajaran ialah mengembangkan trainer elektronika dasar berbasis problem-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yang mencakup tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Uji coba dilakukan pada 37 siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sidayu. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi media, materi, pembelajaran, respons siswa, serta soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh komponen yang telah dikembangkan telah valid sehingga media yang dikembangkan layak untuk diuji coba kepada siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan signifikan (sig. 0,041). Respons kecocokan siswa terhadap media LKPD berbasis PBL sangat baik. Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK kelas X pada materi komponen elektronika. Penggunaan trainer pun memberikan pengalaman langsung kepada para siswa akan komponen yang akan dipelajari.
References
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29.
Departemen pendidikan nasional. (2000). Suplemen Kurikulum Sekolah Dasar 1999. Jakarta : Depdiknas.
Haviz, M., Sudirman, J., 137, N., Rajo, K., & Kaum Batusangkar, L. (2013). Research and Development ; Penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid_19 pada mata pelajaran matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.
Pardede, T. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2018). Penerapan model problem based learning disertai LKPD pada materi program linear di SMA.
Rosyida Fatoni, F. (2023). Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Cuaca dan Iklim Kelas X di SMA Negeri 1 Babat.
Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29.
Downloads
Published
Versions
- 2025-02-07 (2)
- 2024-12-30 (1)
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Educational Technology on Studies and Applied Research provides open access to published articles free of charge. Open access aims to make it easier for authors and readers to access quality manuscripts and support the development of science in the field of Educational Technology.