Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Komponen Elektronika di SMK Kelas X

Authors

  • Muhammad Faiz Fauzan Fakhrudin Universitas Negeri Surabaya Author
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya Author
  • Muhamad Syariffuddien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya Author
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i2y2024a54

Keywords:

media pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, elektronika, pendidikan vokasi, inklusif

Abstract

Berdasarkan observasi yang terfokus pada metode pembelajaran dan hasil belajar siswa di SMKN 1 Sidayu, pembelajaran yang dilakukan terkesan monoton sehingga situasi pembelajaran di dalam kelas menjadi membosankan. Kondisi tersebut akan mempengaruhi hasil belajar dikarenakan tingkat ketertarikan siswa terhadap pembelajaran relatif kurang sehingga siswa menjadi pasif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan inovasi agar pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu inovasi pembelajaran ialah mengembangkan trainer elektronika dasar berbasis problem-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yang mencakup tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Uji coba dilakukan pada 37 siswa kelas X di SMK Negeri 1 Sidayu. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi media, materi, pembelajaran, respons siswa, serta soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh komponen yang telah dikembangkan telah valid sehingga media yang dikembangkan layak untuk diuji coba kepada siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan signifikan (sig. 0,041). Respons kecocokan siswa terhadap media LKPD berbasis PBL sangat baik. Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK kelas X pada materi komponen elektronika. Penggunaan trainer pun memberikan pengalaman langsung kepada para siswa akan komponen yang akan dipelajari.

Author Biography

  • Muhammad Faiz Fauzan Fakhrudin, Universitas Negeri Surabaya

    Pendidikan Teknik Elektro

References

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29.

Departemen pendidikan nasional. (2000). Suplemen Kurikulum Sekolah Dasar 1999. Jakarta : Depdiknas.

Haviz, M., Sudirman, J., 137, N., Rajo, K., & Kaum Batusangkar, L. (2013). Research and Development ; Penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid_19 pada mata pelajaran matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.

Pardede, T. E., Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2018). Penerapan model problem based learning disertai LKPD pada materi program linear di SMA.

Rosyida Fatoni, F. (2023). Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Cuaca dan Iklim Kelas X di SMA Negeri 1 Babat.

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi Covid-19. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29.

Published

2024-12-30 — Updated on 2025-02-07

Versions

Issue

Section

Research Section

How to Cite

Fakhrudin, M. F. F., Kholis, N., Zuhrie, M. S., & Nurhayati, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Komponen Elektronika di SMK Kelas X. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1(2). https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i2y2024a54 (Original work published 2024)