Pengaruh Model 7E Learning Cycle Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Eka Pramono Adi Universitas Negeri Malang Author
  • Agus Wedi Universitas Negeri Malang Author
  • Yerry Soepriyanto Universitas Negeri Malang Author
  • Muhammad Daffa Arifiansyah Universitas Negeri Malang Author
  • Kevin Herdinata Cahyadi Firdaus Universitas Negeri Malang Author

DOI:

https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i2y2024a25

Keywords:

Siklus Pembelajaran 7E, keterampilan berpikir kreatif, hasil portofolio

Abstract

Integrasi pembelajaran yang interaktif dan mendalam merupakan hal penting pada pengembangan kemampuan abad-21. Mengintegrasikan siklus pembelajaran 7E, pebelajar diberdayakan untuk terlibat, mengeksplorasi, menjelaskan, menguraikan, mengevaluasi, dan memperluas pemahaman mereka, sehingga mendorong tingkat retensi pengetahuan yang lebih dalam. Selain itu, pengembangan keterampilan berpikir kreatif dalam portofolio ini memperkuat pemikiran kreatif dan kemampuan pemecahan masalah, mempersiapkan pebelajar menghadapi tantangan dunia nyata. Saat kita menggali manfaat dan hasil dari kerangka pembelajaran transformatif ini, menjadi jelas bahwa kursus media pembelajaran audio dan video dapat benar-benar berkembang jika dilengkapi dengan siklus pembelajaran 7E dan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu. Subjek penelitian melibatkan dua kelas yakni kelas A sebagai kelompok eksperimen sejumlah 40 mahasiswa dengan pembelajaran siklus 7E dan kelas B sebagai kelompok kontrol sejumlah 40 mahasiswa dengan pembelajaran konvensional. Data yang telah terkumpul kemudian di Analisa untuk mendapatkan hasil menyeluruh tentang pengaruh antara siklus pembelajaran 7E dan keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil portofolio mahasiswa serta interaksi dari kedua faktor tersebut yang diujikan dengan tes ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ditemukan : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menggunakan 7E Learning Cycle dan konvensional. (2)Terdapat perbedaan hasil portofolio mahasiswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif tinggi dan rendah. (3) Terdapat interaksi antara 7E learning cycle dengan keterampilan berpikir kreatif terhadap hasil portofolio.

Author Biographies

  • Eka Pramono Adi, Universitas Negeri Malang

    Teknologi Pendidikan

  • Agus Wedi, Universitas Negeri Malang

    Teknologi Pendidikan

  • Yerry Soepriyanto, Universitas Negeri Malang

    Teknologi Pendidikan

  • Muhammad Daffa Arifiansyah, Universitas Negeri Malang

    Teknologi Pendidikan

  • Kevin Herdinata Cahyadi Firdaus, Universitas Negeri Malang

    Teknologi Pendidikan

References

Abdel Rahman Abdel Rahman, A., & Hamdi Mohamed, A. (2017). Evaluating Nursing Students’ Perception toward Use of E-Portfolio as an Innovative Learning Strategy for Student Assessment. American Journal of Nursing Research, 5(3), 86–95. https://doi.org/10.12691/ajnr-5-3-3 DOI: https://doi.org/10.12691/ajnr-5-3-3

Bai, J., Li, H., & Chen, J. (2018). Research on Constructivism-based Collaborative Learning Mode. Proceedings of the 2nd International Conference on Economics and Management, Education, Humanities and Social Sciences (EMEHSS 2018). 2nd International Conference on Economics and Management, Education, Humanities and Social Sciences (EMEHSS 2018), Wuhan, China. https://doi.org/10.2991/emehss-18.2018.86 DOI: https://doi.org/10.2991/emehss-18.2018.86

Balta, N., & Sarac, H. (2016). The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, volume–5–2016(volume5-issue2.html), 61–72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61 DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61

Istunıngsıh, W., Baedhowı, B., & Bayu Sangka, K. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Students’ Learning Outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313 DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.449313

Kwok, L. F., & Hui, Y. K. (2018). The Role of e-Portfolio for Smart Life Long Learning. Dalam V. L. Uskov, J. P. Bakken, R. J. Howlett, & L. C. Jain (Ed.), Smart Universities (Vol. 70, hlm. 327–356). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-59454-5_11 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-59454-5_11

Marfilinda, R., Rossa, R., Jendriadi, J., & Apfani, S. (2020). The Effect of 7E Learning Cycle Model toward Students’ Learning Outcome of Basic Science Concept. JOURNAL OF TEACHING AND LEARNING IN ELEMENTARY EDUCATION (JTLEE), 3(1). https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7826 DOI: https://doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7826

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248 DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Narayan, R. (2022). A Critical Review of Portfolio Assessment as an Alternative Tool in English Language Teaching Classrooms. English Language and Literature Studies, 13(1), 1. https://doi.org/10.5539/ells.v13n1p1 DOI: https://doi.org/10.5539/ells.v13n1p1

Pan, H.-L. W., Hung, J.-H., & Bai, H. (2023). Lesson study and constructivist pedagogy: Teacher learning power matters in the mediation model. International Journal for Lesson & Learning Studies, 12(3), 226–239. https://doi.org/10.1108/IJLLS-04-2023-0033 DOI: https://doi.org/10.1108/IJLLS-04-2023-0033

Parno, Edi, S., Yuliati, L., Ali, M., Azizah, U., & Widarti, A. N. (2019). The Influence of STEM-Based 7E Learning Cycle on Students Critical and Creative Thinking Skills in Physics. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2S9), 761–769. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1158.0982S919 DOI: https://doi.org/10.35940/ijrte.B1158.0982S919

Primanda, A., Distrik, I. W., & Abdurrahman, A. (2019). The Impact of 7E Learning Cycle-Based Worksheets Toward Students Conceptual Understanding and Problem Solving Ability on Newton’s Law of Motion. Journal of Science Education, 2(19), Article 19. http://repository.lppm.unila.ac.id/11181/

Sigal, N. G., Linyuchkina, E. G., Plotnikova, N. F., Zabolotskaya, A. R., & Bagmanova, N. I. (2020). Academic Environment for the Development of Creative Fulfillment of Innovative Students. Dalam Z. Anikina (Ed.), Integrating Engineering Education and Humanities for Global Intercultural Perspectives (Vol. 131, hlm. 737–744). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-47415-7_78 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-47415-7_78

Suardana, I. N., Redhana, I. W., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Selamat, I. N. (2018). Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction, 11(2), 399–412. https://eric.ed.gov/?id=EJ1174908 DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2018.11227a

University of South Africa, & Van Wyk, M. (2017). Exploring Student Teachers’ Views on ePortfolios as an Empowering Tool to Enhance Self-Directed Learning in an Online Teacher Education Course. Australian Journal of Teacher Education, 42(6), 1–21. https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n6.1 DOI: https://doi.org/10.14221/ajte.2017v42n6.1

Yunaini, N., Rukiyati, R., Prabowo, M., Hassan, N. M., & Hermansyah, A. K. (2022). The Concept of the Independent Learning Curriculum (Merdeka Belajar) in Elementary Schools in View Progressivism Educational Philosophy. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 8(2), 95–105. https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14962 DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v8i2.14962

Published

2024-11-26

Issue

Section

Research Section

URN

How to Cite

Adi, E. P., Wedi, A., Soepriyanto, Y., Arifiansyah, M. D., & Firdaus, K. H. C. (2024). Pengaruh Model 7E Learning Cycle Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1(2). https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i2y2024a25