Pengembangan Animasi Pembelajaran Materi Mitigasi Bencana Alam untuk Siswa Autis
DOI:
https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i3y2025a39Keywords:
autisme, bencana alam, kesetaraan, inklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran animasi mitigasi bencana yang efektif dan layak bagi siswa autisme di SLB Autis. Produk media animasi ini menggabungkan visual dan audio, dengan fokus pada mitigasi bencana gempa bumi, termasuk jenis bencana, ciri-ciri, langkah penyelamatan diri, dan prosedur evakuasi. Metode yang digunakan adalah R&D. Media telah dinyatakan valid oleh ahli media dan materi. Evaluasi formatif dalam tiga tahap (satu lawan satu, kelompok kecil, dan uji lapangan) menunjukkan media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis hasil belajar dari 38 siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pengembangan media pembelajaran yang inklusif dan adaptif bagi siswa autisme dalam memahami mitigasi bencana.
References
Ampulembang, V. (2022). Penerapan Video Animasi Dalam Meningkatkankemampuan Mencuci Tangan Pada Murid Autis Kelas I Di SLB YPPLB Cendrawasih Makassar [BachelorThesis, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24117
Boucher, J., Pons, F., Lind, S., & Williams, D. (2007). Temporal Cognition in Children with Autistic Spectrum Disorders: Tests of Diachronic Thinking. Journal of Autism and Developmental Disorders, 37(8), 1413–1429. https://doi.org/10.1007/s10803-006-0285-9 DOI: https://doi.org/10.1007/s10803-006-0285-9
Lane, R., & Radesky, J. (2019). Digital Media and Autism Spectrum Disorders: Review of Evidence, Theoretical Concerns, and Opportunities for Intervention. Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, 40(5), 364. https://doi.org/10.1097/DBP.0000000000000664 DOI: https://doi.org/10.1097/DBP.0000000000000664
Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29 DOI: https://doi.org/10.70078/kolektif.v1i1.29
Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2017). Teaching English to a Student with Autism Spectrum Disorder in Regular Classroom in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(3), 159–176. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10311a DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2017.10311a
Sadiman, A. S., Harjito, Haryono, A., & R., R. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya (18th ed.). Rajawali Press.
Suciati, D. W., Panglipur, I. R., & Murtinasari, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Operasi Aljabar Anak Spectrum Autis Dengan Media Video Interaktif. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 10(1), 16–30. https://doi.org/10.55210/attalim.v10i1.1449
Utami, W., Yuwono, J., Kristiyanto, A., & Sunardi. (2023). The Effect of Video Media Usage for Improving Science Learning Achievement Toward Autism Students. In M. Salimi, Gunarhadi, R. Hidayah, & D. A. Nugraha (Eds.), Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022) (Vol. 767, pp. 1251–1259). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-114-2_116 DOI: https://doi.org/10.2991/978-2-38476-114-2_116
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Umar Ismail, Zainul Abidin, Otto Fajarianto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Educational Technology on Studies and Applied Research provides open access to published articles free of charge. Open access aims to make it easier for authors and readers to access quality manuscripts and support the development of science in the field of Educational Technology.